Profil

PROFIL

PEJABAT PENGELOLA INFIORMASI DAN DOKUMENTASI

Salam Transparan

Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Provinsi Kalimantan Utara

Alamat : Jl. Rambutan, Gedung Gadis Lt. 5

Email : ppid@kaltaraprov.go.id

 

Dinas komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Utara merupakan unsur pelaksana urusan Pemerintahan di Bidang Komunikasi dan Informatika sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 21 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Utara. Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Utara Mempunyai Tugas Pokok melaksanakan Urusan Pemerintahan Bidang Komunikasi dan Informatika, Urusan Bidang Statistik, Urusan Pemerintahan Bidang Persandian dan Urusan Pemerintahan Bidang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Pengelola Informasi dan Dokumentasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Utara sebagai PPID Utama ada di bawah Bidang Komunikasi dan Informatika pada Seksi Dokumentasi dan Informasi.

Salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka dalam hal memperoleh informasi adalah hak publik sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan. Hak setiap orang untuk memperoleh informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Keberadaan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan, (a) hak setiap orang untuk memperoleh informasi; (b) kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional dan dengan cara sederhana; (c) pengecualian bersifat ketat dan terbatas; (d) kewajiban Badan Publik untuk membenahi system dokumentasi dan Pelayanan Informasi.

Tugas dan Kewenangan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) pada Badan Publik di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 02 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Dengaan terbentuknya PPID pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi Publik yang di hasilkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai PPID Utama dan Satuan Unit Kerja di Lingkungan Provinsi Kalimantan Utara sebagai PPID Pembantu sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

  

Tugas dan Kewenangan

   TUGAS

  •        Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan Dokumentasi dari PPID Pembantu di setiap unit/satuan kerja di bawah Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara.

       ·   Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan Memberi Pelayanan Informasi Kepada Publik.

       ·   Melakukan verifikasi bahan Informasi Publik.

       ·   Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan.

       ·   Melakukan pemutaakhiran informasi dan dokumentasi.

       ·   Menyediakan informasi dan Dokumentasi untuk diakses oleh Masyarakat.

    KEWENANGAN

       ·   Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan.

       ·   Memintan dan Memperoleh Informasi dari Unit Kerja/Komponen/satuan kerja yang menjadi cakupan kerjanya.

       ·   Mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional yang menjadi cakupan kerjanya.

       ·   Menentukan dan menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh public.

       ·  Menugaskan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan Dokumentasi untuk kebutuhan Organisasi.

Struktur PPID

Visi dan Misi

VISI PPID

‘’ Mewujudkan Pelayanan Informasi Publik yang Prima, Transparan dan Akuntabel sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku’’

MISI PPID                                                                                                                                  

·        Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas dan bertanggungjawab.

·        Membangun dan mengembangkan system pelayanan publik.

·        Meningkatkan dan mengembangkan kualitas SDM dalam bidang Pelayanan Informasi Publik.

·        Meningkatkan dan mempermudah akses informasi kepada publik

Tentang SIP PPID